PESTA BONA TAON

DISUSUN UNTUK MEMENUHI UJIAN MID SEMESTER

OLEH :

DICKY ARLOI SILALAHI    090707001

NESYA VANIA                         090707003

RENY YULYATI                      090707016

SYARIFAH AINI                     090707017

Pesta Bona Taon USU berlangsung pada tanggal 10 Maret sampai 12 Maret 2011. Pesta Bona Taon berarti pesta tradisi syukuran tahun baru dimana didalamnya terdapat gondang naposo yang dilaksanakan anak muda-mudi. Dalam tradisi batak, gondang naposo merupakan suatu acara muda-mudi yang biasanya dilaksanakan pada malam hari yang dipakai untuk ajang mencari jodoh. Alunan musik yang dimainkan gondang naposo juga memiliki makna. Alunan musik dan nyanyian yang dibawakan sebagai bentuk ungkapan “aku suka padamu”.

Nesya Vania csPada tanggal 12 Maret 2011 yang merupakan hari ketiga  acara ini, dipagi harinya ada bagian acara Manomu-nomu yang berarti pihak panitia atau yang biasa dikatakan hasuhuton menjemput undangan dari luar menuju ke tengah panggung, pada saat ini pihak undangan meminta Gondang mula-mula yang dilanjutkan dengan somba-somba kepada pihak pargonsi (pemusik gondang sabangunan). Setelah itu masuk pada bagian Tortor Mangaliat yaitu undangan berkeliling area manortor sebanyak 3 kali sambil manortor diiringi oleh gondang sabangunan, disini undangan menyampaikan santi-santi berupa uang yang dimasukkan dalam tandok kecil, atau dengan diletakkan diatas pinggan berisi beras sebagai pengganti hidangan yang biasa dibawakan saat acara gondang naposo di kampung-kampung, yang biasanya setiap tamu yang dating membawa hasil panen untuk dibagikan pada acara tersebut.

Naposo hasuhuton menyambutnya dengan tarian hingga lokasi untuk menari. Santi-santi diberikan dengan tarian oleh penortor, dan pihak naposo hasuhuton mempersiapkan sambutan dengan penortor pilihan juga. Undangan dan panitia Martumba yaitu menarikan tarian hiburan yang diiringi oleh musik yang diiminta oleh pihak undangan.

Alat musik yang dipakai adalah Taganing, Sarunai Bolon, Set Gong.  Taganing mengawali dan membawa tempo/ memainkan melodi bersama sarune dan membawa ritme. Gong memainkan ritme. Sarune memainkan melodi pembuka, tanda penutup diberikan sarune untuk mengakhiri gondang .

Acara berikutnya adalah menampilkan tarian tumba. Tarian ini biasanya dibawakan oleh muda-mudi pada malam hari saat terang bulan pasca panen. Tarian ini merupakam variasi dari tor-tor dan gerakan bebas. Pada gerakan tarian yang dibawakan tangan dirapatkan dan digerakkan kebawah dan keatas yang bermaka menyembah dan menerima berkat.

 

 

Comments are closed.