Jenis bahan tas yang beredar di pasaran sangat banyak, berikut beberapa jenis bahan utama yang umum ditemukan di pasaran dan digunakan dalam produksi tas :

1. Bahan Kulit

Selain bahan kain, bahan kulit sudah umum menjadi bahan dasar untuk pembuatan sebuah tas. Harga tas dengan bahan kulit jauh lebih mahal dibandingkan dengan tas berbahan kain. Hal tersebut bisa disebabkan karena faktor bahan kulit yang susah didapat serta ketahanan produknya (tahan lama atau lebih awet dibandingkan tas kain). Bahan Kulit itu sendiri ada yang terbuat dari kulit asli maupun sintetis. Kalo kulit asli, pastinya lebih mahal ketimbang yang sintetis. Kulit yang biasa digunain untuk membuat tas bisa berasal dari kulit ular, kulit buaya, kulit sapi, kulit kambing dan lainnya.

Cara membedakan kulit asli dengan sintetis dapat dilihat dari fisik tampilannya. Kulit asli permukaanya tidak rata, pori-porinya tidak beraturan dan tidak konsisten karena memang alami. Sedangkan untuk kulit sintetis atau imitasi permukaanya cenderung rata dan teratur.

2. Bahan Polyster

Salah satu jenis bahan yang termasuk polyster yaitu dinier, bahan jenis polyester fabric yang biasa digunakan untuk pembuatan tas ransel, tas laptop dan lain sebagainya. Bahan ini pada umumnya tebal sehingga sering digunakan bagi yang menginginkan tas yang bersifat durable dan tahan lama.

Berikut adalah bahan-bahan dari kain polyester yang sering digunakan:

Dinier Soft

Dinier soft adalah bahan dinier kelas menengah yang sering digunakan karena tekstur nya yang halus dengan jarak weaving antara kain tersebut yang kecil (oleh karena itu sering disebut dengan 300d). Kain ini termasuk wrinkle free dan akan susah sekali untuk dirobek (tear – resistant). Selain itu biasanya kain ini termasuk tebal sehingga sering digunakan bagi anda yang menginginkan tas yang bersifat durable dan tahan lama. Karakter warna pada jenis tas ini lebih dapat terlihat

Dari segi harga, bahan ini tergolong relatif terjangkau walaupun masih di atas harga kain dinier biasa. Menggunakan bahan ini akan sangat bagus bagi anda yang tidak terlalu menyukai jarak weaving yang besar di antara jahitan-jahitan tersebut.

Dinier

Dinier adalah jenis polyester fabric yang paling basic dan sangat terkenal karena biayanya yang sangat rendah, sehingga cocok bagi anda yang memiliki budget terbatas. Jenis ini memiliki pori-pori kain yang lebih besar dari dinier soft (oleh karena itu sering disebut 600d). Bahan ini memiliki sifat yang wrinkle free namun tidak tahan atas air.

Dari segi harga, kain polyester dengan jenis ini merupakan yang termurah. Kualitasnya masih tergolong biasa, tergantung dari ketebalan kain yang diorder.

Dolby

Dolby adalah jenis polyester fabric yang paling premium yang sering digunakan pada tas ransel atau gym/fitness bag. Jenis tas ini memiliki pori-pori yang paling besar (oleh karena itu sering disebut 1680D) memiliki tekstur yang wrinkle free, tebal, waterproof dan tear-resistant. Karena sifatnya yang mahal, kain ini hanya tersedia pada beberapa warna saja dan terkesan terlihat lebih glossy (mengkilap).

Selain itu juga ada bahan 1682, secara fisik penampilannya seperti 1680. Ada dua jenis bahan 1682, yaitu PU dan Non PU, untuk jenis PU lebih lembut dan kenyal atau alot karena PU sendiri yg berarti Polyurethane yg mempunyai sifat liat dan alot

Dari segi harga, jenis polyester ini termasuk mahal karena kualitas nya yang sangat bagus. Sangat biasa digunakan pada tas olahraga yang mengutamakan kualitas daripada harga, sehingga cocok bagi anda yang menyasar target marketing menengah ke atas.

Cordura

Cordura adalah nama merek untuk bahan kain yang digunakan dalam berbagai macam produk termasuk koper, Ransel, celana, pakaian militer dan pakaian yang dipergunakan untuk kebutuhan kinerja tingkat tinggi. Kain Cordura dikenal karena daya tahannya terhadap abrasi, rembesan air serta tahan lecet.

Cordura ini dibuat dari benang atau serat yang dibuat oleh Invista. Bahannya dapat dibuat dari serat sintetis 100% atau campuran dengan kapas atau serat alam lainnya.

Ripstop

Ripstop, sesuai dengan namanya merupakan bahan yang sangat kuat dan susah sekali untuk dirobek. Bahan ini sebenarnya sering digunakan pada bahan tenda, memiliki sifat yang fire-resistant dan sangat kuat dan tebal. Ripstop merupakan salah satu kain favorit yang digunakan pada tas goodie bag maupun lunch bag karena merupakan water-proof.

3. Bahan Denim/Jeans

Bahan denim berasal dari sebuah kota di Prancis, bernama Nimes. Awalnya bahan ini disebut Serge de Nimes, lalu kemudian dipersingkat menjadi denim (de Nims). Denim merupakan material kain yang kokoh terbuat dari katun twill. Teksturnya mirip karpet namun lebih tipis dan halus. Pertama kali diciptakan, denim hanya memiliki satu warna yaitu indigo. Tapi seiring berkembangnya zaman, dibuatlah warna-warna lain seperti hitam, abu-abu, putih khaki, dan warna-warna lainnya. Bahan denim umumnya digunakan dalam pembuatan celana, seiring berkembangnya zaman kini digunakan juga dalam pembuatan tas denim yang keren dan trendi. Selain dari ketahanannya (awet), kelebihan dari tas berbahan jeans ini yaitu mudah dibersihan dengan dicuci.

4. Bahan Kanvas

Bahan kanvas merupakan salah-satu jenis kain buatan pabrik yang berserat tebal dan sangat kuat. Salah satu bahan kanvas yang dikenal umum adalah kanvas lukis, fisik bahannya sedikit kasar dan tebal serta kaku. Sedangkan bahan kanvas yang jauh lebih halus dan lebih lembut serta tidak kaku disebut baby canvas. Tas yang menggunakan bahan baby canvas akan terlihat lebih premium dibandingkan menggunakan kanvas lukis.

Tas berbahan kanvas sangat bagus dan fashionable. Kelebihan lainnya dari penggunaan bahan kanvas pada tas yaitu cukup kuat atau tahan lama, sehingga banyak diaplikasikan dengan bahan lain pada finishing produk tas. Dari kreasi tersebut telah menjadi favorit masyarakat pada saat ini.

5. Bahan Corduroy

Corduroy adalah sejenis bahan textile yang terdiri dari serat-serat yang twisted, bersifat halus dengan tekstur yang bergaris-garis. Modern Corduroy atau corduroy modern pada umumnya terdiri dari berumbai tali, berbentuk bergerigi beludru. Bahan ini juga biasa dipakai untuk membuat baju, celana, jaket dan lain-lain.

Sesungguhnya bahan-bahan yang digunakan dalam produksi tas masih dapat lebih bervariasi dari bahan-bahan di atas, namun pada umumnya bahan di atas adalah yang paling sering digunakan dalam produksi tas. Sekian saja, semoga bermanfaat bagi anda.

Sumber : brain-onlinestore.com

MENGENAL BAHAN / MATERIAL UTAMA UNTUK TAS