Cordura sebenarnya adalah nama merk kain. Merk ini dikembangkan dan terdaftar sebagai merk dagang oleh El DuPont deNemours and Company, sekarang hak dagangnya dimiliki oleh Invista (nama anak perusahaan yang dimiliki Koch Industries).

cordura

Dalam perkembangannya kain cordura (merk cordura asli) mulai menggunakan bahan nilon. Bahan nilon dipilih karena saat itu riset terhadap bahan nilon sangat pesat. Karena menggunakan bahan nilon, kain cordura (merk cordura asli) menjelma menjadi kain yang terkenal dengan daya tahan tinggi, tidak mudah sobek dan tidak merembes jika terkena air. Karena hal inilah, kain cordura (kain cordura asli) menjadi acuan bahan untuk baju militer, baju petugas lapangan dalam kondisi ekstrim, atau apparel aktivitas ekstrim seperti penjelajah goa, sepeda downhill, pendaki tebing, dan perlengkapan aktivitas lainnya yang membutuhkan bahan dengan daya tahan sangat baik.

Seiring berkembangnya waktu setiap perusahaan kain mulai melakukan riset terhadap kain merk cordura. Riset ini berkembang sangat pesat, hingga pada akhirnya kain cordura yang kita kenal saat ini menjadi nama spesifik bagi kain dengan bahan nilon dalam komposisi tertentu. Mulai saat itulah, cordura dikenal tidak lagi sebagai merk, namun sebagai jenis kain berbahan dasar nilon.

Bahan Cordura merupakan bahan tas terbaik sejauh ini. Dalam penerapannya, Bahan cordura sejatinya digunakan untuk tas adventure, koper, perlengkapan militer, dan ransel lapangan yang membutuhkan bahan terbaik karena digunakan di lapangan dengan kondisi ekstrim. Bahkan dalam perkembangannya, bahan cordura juga digunakan sebagai produk pakaian dan perlengkapan balap. Bahan cordura dikenal sebagai bahan yang memiliki daya tahan terhadap abrasi, tidak mudah lecet, dan tahan air.

Bahan Cordura memiliki kekuatan sangat baik jika dibandingkan bahan-bahan lain, serat filamennya kuat dan kokoh, warnanya relatif awet meskipun terkena panas atau hujan. Oh iya, Wadezig! memiliki koleksi tas berbahan cordura yang

Mengenal Cordura, Bahan Si Pembuat Tas